Apa Itu Urine??.


Mengapa kita harus buang air kecil?, dan dari manakah air kencing itu berasal?. Urine atau air seni atau juga air kencing itu dikeluarkan melalui sistem ekskresi ginjal. Apa yang dimaksud dengan ekskresi?. Ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat sisa dari dalam tubuh, dan ginjal juga termasuk dalam alat ekskresi.



Urine atau air seni berasal dari perombakan protein misalnya amonia dan urea. Urine terdiri dari :

  • Air, urea dan amonia yang merupakan sisa-sisa perombakan protein.
  • Garam mineral, terutama garam dapur (NaCl).
  • Zat warna empedu yang menimbulkan urine berwarna kuning.
  • Zat-zat yang berlebihan dalam darah seperti vitamin, obat-obatan, dan hormon.
Pembentukan urine dimulai dari darah yang membawa sisa metabolisme protein ke ginjal dan akan menuju ke glomerulus, di glomerulus terjadi peristiwa penyaringan. dalam penyaringan tersebut zat-zat bermolekul kecil (seperti air, garam amoniam urea dan gula) berhasil lolos dari glomerulus. Zat-zat kecil tersebut masuk ke kapsula bowman dan di teruskan ke tubulus proksimal. Di dalam tubulus proksimal akan terjadi rearbsorbsi terhadap zat-zat yang diperlukan yaitu air, garam, dan gula. Sedangkan zat yang lolos disebut urine primer, dan urine primer akan masuk ke tubulus distal untuk mengalami augmentasi, sehingga akan ada urine sekunder yang ditampung melalui tubulus kolekta, kemudian diteruskan ke uriter dan ditampung kembali di kantung kemih seebelum dikeluarkan.

Tahukah anda bahwa urine atau air kencing itu bermanfaat?.


  • Dahulu Dukun aztec menggunakan urin untuk membasuh luka luar sebagai pencegah infeksi dan diminum untuk meredakan sakit lambung dan usus.
  • Bangsa Romawi Kuno menggunakan urin sebagai pemutih pakaian.
  • Di Siberia, orang Kroyak meminum urin orang yang telah mengkonsumsi fly agaric (sejenis jamur beracun yang menyebabkan halusinasi bahkan kematian) atau sejenisnya untuk berkomunikasi dengan roh halus.
  • Dahulu di Jepang, urin dijual untuk dibuat menjadi Pupuk.

0 comments: