Hubungan Bulan Dan Bumi.


Bumi dan bulan adalah sebuah planet yang tak akan terpisahkan. Mereka seperti kakak adik yang tak pernah terpisahkan.

Lahirnya bulan
Empat setengah milyar tahun lalu, Sebuah planet menabrak bumi. Planet tersebut seukuran planet mars. Tabrakan tersebut menghancurkan lapisan kulit luar bumi. Lalu lapisan kulit luar bumi tersebut hancur menjadi debu-debu yang menjadi bola batuan yang melayang dekat bumi, dan lahirlah bulan

Gravitasi yang rakus
Ketika itu bumi mempunyai cincin berisi batu, debu dan gas seperti planet saturnus yang mempunyai cincin indah. Bumi dan bulan memakan cincin debu dan batuan di sekelilingnya. Astronom menyebutnya dengan peristiwa akresi, hal itu terjadi karena gaya gravitasi bumi dan bulan.

Hal tersebut menyebabkan permukaan bumi dan bulan penuh lubang. Uniknya, jejak lubang meteor di bumi banyak yang hilang. Namun jejak meteor dibulan masih ada sampai sekarang.

Hubungan Bumi dan bulan

  • Tanpa bulan, bumi berputar 10 jam sehari. Bukan 24 jam sehari.
  • Bumi berputar 23,5 derajat gara-gara bulan. JIka tidak ada bulan, maka bumi berputar tegak lurus.
  • Seandainya tidak ada bulan, negara inggris hanya punya dua macam musim, yaitu musim semi dan musim gugur. Di daerah kutub utara dan selatan, matahari tidak bisa terlihat di langit.
  • air laut di bumi mengalami pasang dan surut karena bulan.
  • Tanpa bulan, tidak akan muncul makhluk hidup di daratan bumi. pasang surut ar menyebabkan makhluk air belajar hidup di darat.
  • Bulan makin menjauh 3,8 cm setiap tahun gara-gara bumi berputar lebih lambat 16 detik tiap sejuta tahun

0 comments: